Samsung Perkenalkan Monitor Baru, Bisa Tampilan 3D Tanpa Kacamata

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Acara pameran game Gamescom yang berlangsung pekan ini di Jerman banyak dimanfaatkan para pabrikan elektronik untuk memperkenalkan produk baru,salah satunya Samsung dengan monitor gaming Odyssey 3D.

Odyssey 3D adalah monitor gaming 3D pertama dari Samsung yang sanggup menyulap konten 2D standar menjadi tampilan tiga dimensi tanpa membutuhkan kacamata khusus layaknya monitor atau TV 3D pada umumnya.

Rahasianya terletak pada teknologi light field display yang menggunakan lensa lentikular untuk menampilkan gambar dari sudut agak berbeda untuk mata kanan dan kiri pengguna,sehingga menciptakan ilusi kedalaman gambar alias dimensi ketiga.

Baca juga: Monitor Lama Dioprek,Refresh Rate Dibuat Tembus 700 Hz

Menurut keterangan Samsung dalam situsnya,Odyssey 3D melacak pergerakan kedua mata pengguna dengan fitur Eye Tracking lewat kamera stereo terintegrasi. Fitur View Mapping menyesuaikan gambar secara real-time untuk meningkatkan depth perception.

Sebelum muncul dalam bentuk produk final di Gamescon,Odyssey 3D pertama kali diperkenalkan sebagai monitor konsep di pameran Consumer Electronics Show 2024 di Las Vegas,AS,pada Januari lalu.

Selain kemampuan menampilkan konten 2D sebagai gambar 3D tanpa kacamata,Odyssey 3D yang rencananya bakal ditawarkan dalam ukuran 27 inci dan 37 inci memiliki panel QLED dengan resolusi 4K dan refresh rate 165 Hz.

Baca juga: Cooler Master Umumkan Monitor Gaming 57 Inci Widescreen Dual 4K

Seperti umumnya monitor gaming,Odyssey 3D juga memiliki response time cepat,sebesar 1 ms,disertai dukungan teknologi variable refresh rate (VRR) AMD FreeSync.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge,Jumat (23/8/2024),versi 27 inci dan 37 inci dari Odyssey 3D sama-sama dibekali satu konektor DisplayPort 1.4 dan dua konektor HDMI 2.1,berikut stand dengan opsi pengaturan tilt dan ketinggian.

Selain sebagai layar tiga dimensi,Odyssey 3D juga dapat difungsikan layaknya monitor 4K konvensional dengan me-nonaktifkan fitur 3D. Samsung masih belum mengumumkan informasi harga dan ketersediaan dari monitor ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Penafian: Artikel ini direproduksi dari media lain. Tujuan pencetakan ulang adalah untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Ini tidak berarti bahwa situs web ini setuju dengan pandangannya dan bertanggung jawab atas keasliannya, dan tidak memikul tanggung jawab hukum apa pun. Semua sumber daya di situs ini dikumpulkan di Internet. Tujuan berbagi hanya untuk pembelajaran dan referensi semua orang. Jika ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual, silakan tinggalkan pesan kepada kami.
©hak cipta2009-2020 Jaringan Informasi Kehidupan Lokal      Hubungi kami   SiteMap