OpenAI Rilis Fitur Fine-Tuning untuk GPT-4o, Bebas Diatur dan Makin Akurat

iDoPress - Setelah merilis fitur Fine-Tuning di model kecerdasan buatan (AI) GPT-4o Mini sekitar Juli lalu,OpenAI kini resmi merilis fitur serupa ke model AI yang lebih mumpuni,yaitu GPT-4o.

Fine-Tuning memungkinkan para pengembang (developer) aplikasi,chatbot,atau platform AI melakukan perubahan atau kustomisasi pada GPT-4o sesuai dengan kebutuhan mereka atau perusahaan.

Sejumlah kustomisasi yang dapat diterapkan developer meliputi nada atau bentuk struktur seputar respons yang akan diproses model AI,berbagai instruksi khusus yang sifatnya teknis,dan aneka hal atau variabel lainnya yang sesuai dengan kebutuhan.

Karena bisa diatur sesuka hati,Fine-Tuning juga diklaim dapat meningkatkan akurasi dan performa berbagai aplikasi,sistem analisis data,atau platform AI yang mengandalkan model AI GPT-4o.

Dengan begitu,para developer nantinya akan dimanjakan dengan berbagai hasil pemrosesan AI yang lebih akurat dan lebih baik dari sebelumnya,serta tak perlu melakukan pengujian berkali-kali untuk menjajal aplikasi AI yang dibuat.

"Dari proses pemrograman coding hingga menulis kreatif,Fine-Tuning bisa memiliki dampak besar untuk meningkatkan performa pengaplikasian AI di berbagai industri," tulis OpenAI di blog resmi mereka.

Ke depannya,OpenAI akan terus mengembangkan fitur kustomisasi model AI ini untuk para developer,supaya model dan teknologi AI dari perusahaan tersebut dipakai oleh banyak orang dan perusahaan di dunia.

Baca juga: Ramai soal Challenge ChatGPT Roast My Instagram Feed”,Ini Cara Buat dan Contoh Prompt

Cara dan biaya pakai Fine-Tuning

TechCrunch CTO OpenAI,Mira Murati memperkenalkan GPT-4o.

Untuk memakai fitur Fine-Tuning,para developer bisa langsung mengunjungi laman web dashboard fitur tersebut di tautan berikut ini (harus masuk/login menggunakan akun OpenAI terlebih dahulu).

Setelah itu,mereka bisa mengeklik tombol "+Create" untuk melakukan kustomisasi pada model GPT yang diinginkan. Dalam hal ini,pengguna bisa memilih model GPT-4o dengan opsi "gpt-4o-2024-08-06" pada kolom "Base Model".

Para developer lantas bisa mengotak-atik menu pengaturan Fine-Tuning untuk membuat model GPT-4o sesuai dengan apa yang dimau. Setelah itu,model GPT-4o yang sudah diubah bisa dibuat dengan cara mengeklik tombol "Create".

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari OpenAI,Rabu (21/8/2024),fitur Fine-Tuning kini sudah tersedia bagi para pelanggan GPT4-o di semua level pemakaian berbayar (paid usage tiers).

Nah,guna memeriahkan momen peluncuran,OpenAI menyediakan hingga 1 juta token gratis per hari bagi para pengguna GPT-4o hingga 23 September 2024 mendatang.

Token adalah satuan yang menghitung jumlah angka,kata,atau kalimat yang diproses oleh suatu model AI.

Artinya,developer bisa membuat model GPT-4o baru yang sudah dikustomisasi sesuai kebutuhan secara cuma-cuma,asalkan jumlah token yang dipakai atau diproses model AI tersebut tidak melebihi 1 juta token.

Di luar itu,developer akan dikenakan biaya Fine-Tuning sebesar 25 dolar AS (sekitar Rp 387.000) per 1 juta token.

Untuk biaya inference atau penafsiran menggunakan model AI GPT-4o yang sudah diubah mencapai 3,75 dolar AS (sekitar Rp 58.000) per 1 juta token input,dan 15 dolar AS (sekitar Rp 232.000) per 1 juta token output.

Baca juga: ChatGPT Kini Punya Advanced Voice Mode,Bisa Bersuara seperti Manusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Penafian: Artikel ini direproduksi dari media lain. Tujuan pencetakan ulang adalah untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Ini tidak berarti bahwa situs web ini setuju dengan pandangannya dan bertanggung jawab atas keasliannya, dan tidak memikul tanggung jawab hukum apa pun. Semua sumber daya di situs ini dikumpulkan di Internet. Tujuan berbagi hanya untuk pembelajaran dan referensi semua orang. Jika ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual, silakan tinggalkan pesan kepada kami.
©hak cipta2009-2020 Jaringan Informasi Kehidupan Lokal      Hubungi kami   SiteMap