BPIP Bantah Ganti Pembawa Baki Bendera Upacara 17 Agustus di Detik-detik Terakhir

JAKARTA,KOMPAS.com - Wakil Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP),Rima Agristina,membantah adanya pergantian pembawa baki Bendera Merah Putih pada upacara pengibaran bendera 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara,Kalimantan Timur,pada detik-detik terakhir.

Pernyataan ini menanggapi isu viral di media sosial yang menyebut pembawa baki untuk upacara bendera di HUT RI ke-79 di IKN diganti dari Maulia Permata Putri dari Sumatera Barat menjadi Livenia Evelyn Kurniawan dari Kalimantan Timur.

"Tidak benar," kata Rima Agristina kepada Kompas.com,Minggu (18/8/2024).

Baca juga: Polemik Paskibraka Lepas Jilbab,Muhammadiyah Minta Jokowi Evaluasi Kepala BPIP

Rima menuturkan,pengumuman pembawa baki biasanya dilakukan pada pagi hari sebelum upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI. Hal ini merupakan prosedur tahunan,bukan hanya berlaku tahun ini.

"Pengumuman siapa tim pagi dan tim sore,serta yang bertugas bawa baki,pengibar,pembentang,dan sebagainya selalu tanggal 17 pagi," jelas Rima.

Sebagai informasi,isu pergantian pembawa baki Bendera Merah Putih ini menjadi viral di media sosial dan dikaitkan dengan polemik terbaru BPIP mengenai aturan Paskibraka yang mewajibkan anggota melepas jilbab.

Baca juga: Cerita Livenia Evelyn,Pembawa Baki Saat Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Menurut keterangan BPIP,ada sekitar 76 putra-putri Indonesia yang terpilih menjadi pasukan pengibar bendera pada 17 Agustus. Mereka dibagi menjadi dua tim,yaitu Tim Nusantara Baru (pagi) dan Tim Indonesia Maju (sore),dalam formasi 17,8,dan 45.

Berikut sejumlah Paskibraka yang bertugas pada Upacara Detik-Detik Proklamasi (pagi).

1. Danpok 17 : Andre R.O. Kabagaimu (P. Pegunungan)

Asal Sekolah : SMAN 1 Wamena

2. Baki : Livenia Evelyn Kurniawan (Kalimantan Timur)

Asal Sekolah : SMA Katolik Santo Pransiskus

3. Cad. Baki : Lutfiyah Naurasyifa Utoyo (Sulawesi Tenggara)

Asal Sekolah : SMAN 1 Kendari

4. Danpok 8 : Fifandra Ardiansyah Daud (Maluku Utara)

Penafian: Artikel ini direproduksi dari media lain. Tujuan pencetakan ulang adalah untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Ini tidak berarti bahwa situs web ini setuju dengan pandangannya dan bertanggung jawab atas keasliannya, dan tidak memikul tanggung jawab hukum apa pun. Semua sumber daya di situs ini dikumpulkan di Internet. Tujuan berbagi hanya untuk pembelajaran dan referensi semua orang. Jika ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual, silakan tinggalkan pesan kepada kami.
©hak cipta2009-2020 Jaringan Informasi Kehidupan Lokal      Hubungi kami   SiteMap