KTP-nya Dicatut sebagai Pendukung, Warga Jaktim Tak Tahu Siapa Dharma-Kun

JAKARTA,KOMPAS.com- Warga Jakarta Timur bernama Umen (36) terkejut karena nomorKartu Tanda Penduduk (KTP) miliknya dicatut sebagai pendukung bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta jalur perseorangan,Dharma Pongrekun dan Kun Wardana.

Umen mengaku tidak pernah memberikan dukungan ke Dharma-Kun. Bahkan,ia baru mengetahui sosok Dharma-Kun setelah isu pencatutan ini mencuat di media sosial.

"Tidak kenal sama sekali. Bahkan,menurut saya pribadi nama tersebut juga tidak familiar. Saya baru melihat artikel tentang mereka itu baru sekali,tadi malam," ujar Umensaat dikonfirmasi Kompas.com,Jumat (16/8/2024).

Umen berinisiatif mengecek nomor KTP-nya di laman Komisi Pemilihan Umum (KPU) setelah mengetahui banyaknya KTP warga yang diduga dicatut untuk mendukung Dharma-Kun.

Baca juga: Nomor KTP Anak dan Adik Anies Baswedan Dicatut sebagai Pendukung Dharma-Kun

"Awalnya saya melihat cuitan dari akun X yang lewat di timeline,bahwa dirinya menemukan identitasnya digunakan secara sepihak untuk mendukung nama-nama pada pencalonan gubernur Jakarta," kata Umen.

Sama seperti Umen,warga Jakarta Timur lainnya,Ardhibhironx (39) kesal karena namanya dicatut sebagai pendukung Dharma-Kun.

Padahal,tim Dharma-Kun maupun pihak lainnya tak pernah mendatanginya untuk meminta dukungan pada Pilkada Jakarta.

"Awal mulanya saya juga buka Twitter,saya temukan sudah ada yang dicatut. Saya kepikiran,'Apa jangan-jangan gua juga kena'. Pas saya cek tadi pagi,ternyata bener ada nama saya. Padahal,tidak ada yang konfirmasi lewat telepon,WhatsApp,atau secara langsung dari RT,RW,kelurahan soal persetujuan itu," ujarnya kepada Kompas.com.

Ardibhironx mengaku familiar dengan sosok Dharma Pangkerun. Namun,ia sama sekali tidak tahu Dharma maju sebagai bakal calon gubernur Jakarta 2024 jalur independen.

"Saya sempat tahu nama beliau sempat ramai pas Covid-19. Namun,saya tidak tahu kalau beliau maju jalur independen. Apalagi,sampai saya menyatakan dukungan,itu sama sekali tidak benar," katanya.

Adapun pengecekan dukungan bakal calon kepala daerah jalur perseorangan dapat dilakukan di https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilihan/cek_pendukung.

Sebagaimana diketahui,KPU Jakarta menyatakan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana lolos verifikasi faktual (verfak) untuk maju Pilkada Jakarta 2024 jalur independen.

Ketua Bidang Teknis Penyelenggara KPU DKI Jakarta Dody Wijaya menuturkan,Dharma-Kun dinyatakan lolos verfak setelah memenuhi 677.468 syarat dukungan.

"Pada verifikasi faktual pertama jumlahnya 183.001 data dukungan. Maka total hasil rekapitulasi akhir data yang memenuhi syarat 677.468. Data ini melebihi syarat dukungan minimal 618.968 dukungan," ujar Dody di Kantor KPU Jakarta,Jakarta Pusat,Kamis (15/8/2024).

Dharma-Kun sebelumnya tidak lolos tahap verfak pertama karena kekurangan 538.178 data dukungan.

Baca juga: Nomor KTP Dicatut sebagai Pendukung Dharma-Kun,Warga Jaksel: Kami Saja Baru Tahu Ada Calon Itu

Penafian: Artikel ini direproduksi dari media lain. Tujuan pencetakan ulang adalah untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Ini tidak berarti bahwa situs web ini setuju dengan pandangannya dan bertanggung jawab atas keasliannya, dan tidak memikul tanggung jawab hukum apa pun. Semua sumber daya di situs ini dikumpulkan di Internet. Tujuan berbagi hanya untuk pembelajaran dan referensi semua orang. Jika ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual, silakan tinggalkan pesan kepada kami.
©hak cipta2009-2020 Jaringan Informasi Kehidupan Lokal      Hubungi kami   SiteMap