10 Cara Mengatasi Penyimpanan Gmail Penuh dengan Mudah dan Praktis

iDoPress - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan layanan e-mail Google,Gmail. Salah satu panduan dasar itu seperti cara mengatasi penyimpanan Gmail penuh.

Cara membersihkan Gmail yang penuh bakal berguna bagi pengguna. Untuk diketahui,setiap akun Google atau Gmail akan diberikan ruang penyimpanan Cloud dengan kapasitas 15 GB secara gratis.

Baca juga: 4 Cara Mengganti Password Gmail di HP dengan Mudah dan Praktis

Seiring lama pemakaian,ruang penyimpanan Gmail itu akan penuh. Saat penuh,pengguna mungkin bakal kerepotan. Pasalnya,jika penyimpanan Gmail penuh,pengguna tak akan dapat menerima dan menyimpan e-mail masuk lagi.

Agar tetap dapat mengoperasikan dengan lancar,pengguna penting untuk mengetahui cara membersihkan Gmail yang penuh. Lantas,bagaimana cara mengosongkan ruang penyimpanan Gmail?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut,silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai caramengatasi penyimpanan Gmail penuh.

Penyebab penyimpanan Gmail penuh

Sebelum mengetahui caranya,ada baiknya pengguna memahami dulu penyebab penyimpanan Gmail penuh. Secara umum,penyebab penyimpanan Gmail penuh adalah banyak e-mail yang menumpuk.

E-mail masuk jika dibiarkan terus bisa memenuhi ruang penyimpanan Gmail. Selain e-mail,ada penyebab lain yang membuat penyimpanan Gmail penuh. Sebagai informasi,ruang penyimpanan Gmail sejatinya tidak hanya dipakai untuk menyimpan data e-mail di Gmail.

Akan tetapi,ruang penyimpanan Gmail terintegrasi pula dengan Google Drive dan Google Photos. Layanan penyimpanan yang terintegrasi itu disebut pula dengan Google One. Setiap akun Google bakal mendapat ruang penyimpanan Google One sebesar 15 GB gratis.

Ruang penyimpanan Google itu dipakai oleh Gmail,Google Drive,dan Google Photos secara bersamaan. Dengan demikian,jika ruang penyimpanan Gmail penuh,artinya terdapat pula data di Google Drive atau foto di Google Photos yang menumpuk.

Itulah penyebab penyimpanan Gmail penuh. Dari penyebab itu,pengguna dapat menentukan langkah untuk mengatasi penyimpanan Gmail penuh. Untuk cara mengatasi penyimpanan Gmail penuh,penjelasannya bisa dibaca di bawah ini.

Cara mengatasi penyimpanan Gmail penuh

Cara membersihkan Gmail yang penuh itu pada dasarnya cukup mudah. Pengguna hanya perlu menghapus tumpukan e-mail yang tersimpan di Gmail. Pengguna bisa menghapus e-mail yang tak penting lagi dengan kategori tertentu.

Misalnya,e-mail yang sudah lama seperti lebih dari satu tahun atau dua tahun,e-mail dengan lampiran yang berukuran besar,e-mail promosi,e-mail spam,dan masih banyak lagi kategori e-mail tak penting. Adapun penjelasan cara mengatasi Gmail penuh adalah sebagai berikut.

1. Hapus e-mail promosi

Cara mengatasi penyimpanan Gmail penuh yang pertama adalah menghapus e-mail promosi yang dikirim oleh perusahaan atau platform tertentu. E-mail promosi umumnya berisi penawaran barang atau jasa yang kadang tidak penting.

E-mail promosi biasanya bakal dikirim secara berkala dan jika dibiarkan menumpuk akan memenuhi ruang penyimpanan Gmail. Adapun penjelasan cara membersihkan Gmail yang penuh dengan menghapus e-mail promosi adalah sebagai berikut:

Buka Gmail.

Pada kolom pencarian,ketik kueri seperti ini “Category:promotions” (tanpa tanda kutip).

Selanjutnya,Gmail akan menampilkan semua e-mail promosi yang masuk.

Terakhir,pengguna bisa mencentang semua e-mail promosi dan menghapusnya.

KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengatasi Gmail penuh dengan menghapus e-mail promosi.

Penafian: Artikel ini direproduksi dari media lain. Tujuan pencetakan ulang adalah untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Ini tidak berarti bahwa situs web ini setuju dengan pandangannya dan bertanggung jawab atas keasliannya, dan tidak memikul tanggung jawab hukum apa pun. Semua sumber daya di situs ini dikumpulkan di Internet. Tujuan berbagi hanya untuk pembelajaran dan referensi semua orang. Jika ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual, silakan tinggalkan pesan kepada kami.
©hak cipta2009-2020 Jaringan Informasi Kehidupan Lokal      Hubungi kami   SiteMap