7 Fitur AI di Google Pixel 9 Series, Gemini Live Salah Satunya

iDoPress - Google meluncurkan smartphone baru bikinannya,yaitu Pixel 9 series dalam acara bertajuk "Made by Google" pada Selasa (13/8/2024) waktu Amerika Serikat.

Smartphone tersebut terdiri dari Pixel 9 reguler,Pixel 9 Pro,Pixel 9 Pro XL serta Pixel 9 Pro Fold. Keempat smartphone ini ditenagai dengan chipset terbaru perusahaan,yakni Tensor G4.

Tidak hanya itu,Pixel 9 series juga dilengkapi dengan sederet fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Fitur ini tersedia berkat integrasi model AI Gemini dengan Android.

"Dengan Gemini yang terintegrasi secara mendalam ke dalam Android,kami membangun kembali sistem operasi dengan AI sebagai inti. Kami juga mendefinisikan ulang apa yang bisa dilakukan smartphone," kata Sameer Samat,President Android Ecosystem Google dalam sebuah posting di blog resmi Google.

Baca juga: Smartphone Google Pixel 9 Meluncur dengan Chip Tensor G4 dan AI Gemini

Salah satu fitur AI yang ada di Pixel 9 series yakni Gemini Live,yaitu asisten digital yang menjadi asisten bawaan ponsel baru Google. Berikut rincian fitur Gemini Live dan fitur AI lainnya yang ada di Pixel 9 series.

Gemini Live

Gemini Live pertama kali diumumkan Google dalam acara peluncuran Made by Google. Menurut Google,Gemini Live menawarkan pengalaman ngobrol bebas dengan chatbot Gemini.

Sederhananya,Gemini Live semacam Google Assistant yang didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI),di mana pengguna bisa memberikan aneka perintah atau mengajukan pertanyaan lewat suara.

Salah satu perbedaannya dengan Assistant,Gemini Live lebih luwes ketika diajak mengobrol. Pengguna bahkan bisa menyela respons Gemini Live bila ingin mengajukan penjelasan lebih lanjut,atau menjeda obrolan dan melanjutkannya lagi di lain waktu.

Google Ilustrasi Gemini Live

Pengalaman tersebut diklaim membuat Gemini Live akan terasa seperti pengguna punya teman dekat di saku.

Google juga melengkapi Gemini Live dengan 10 versi suara yang berbeda. Pengguna bisa memilih versi manapun yang diinginkan kemudian menggantinya dengan versi lain di lain waktu.

Baca juga: AI Google Gemini Live Meluncur,Bisa Diajak Ngobrol Lebih Luwes

Seperti Assistant,pengguna perlu menekan tombol power perangkat kemudian berkata "Hei Google" untuk memanggil Gemini. Pengguna juga bisa memilih opsi "Ask about this video" bila ingin mendapat penjelasan dari Gemini tentang video yang ditampilkan di YouTube.

Asisten suara dengan AI ini bisa dijalankan di background atau bahkan saat smartphone terkunci.

Untuk saaat ini Gemini Live dirilis dalam bahasa Inggris untuk pelanggan Gemini Advanced (versi chatbot Gemini paling canggih saat ini dan berbayar) di Android.

Circle to search

Google meningkatkan fitur Circle to search di Pixel 9 series. Selain bisa melingkari objek agar lebih mudah dicari,kini fitur ini bisa memangkas objek yang dipotong dengan ukuran yang proporsional seperti foto. Nah,gambar itu nantinya bisa dibagikan pengguna dalam pesan teks atau e-mail.

Google Circle to search di Pixel 9

Editing AI

Google juga menyertakan dukungan AI untuk kamera hingga fitur edit di Pixel 9 series. Beberapa di antaranya yaitu fitur "Add Me" yang memungkinkan pengguna menambahkan seseorang ke foto yang sudah diambil.

Penafian: Artikel ini direproduksi dari media lain. Tujuan pencetakan ulang adalah untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Ini tidak berarti bahwa situs web ini setuju dengan pandangannya dan bertanggung jawab atas keasliannya, dan tidak memikul tanggung jawab hukum apa pun. Semua sumber daya di situs ini dikumpulkan di Internet. Tujuan berbagi hanya untuk pembelajaran dan referensi semua orang. Jika ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual, silakan tinggalkan pesan kepada kami.
©hak cipta2009-2020 Jaringan Informasi Kehidupan Lokal      Hubungi kami   SiteMap