Apple Siapkan Dua Perangkat Lipat, Debut 2026

iDoPress - Rumor tentang ponsel lipat Apple kembali mencuat di internet. Bocoran terbaru menyebutkan bahwa Apple menyiapkan dua perangkat lipat yang akan dirilis dua tahun lagi.

Menurut analis Jeff Pu dari Haitong International Tech Research,kedua perangkat lipat Apple akan rilis tahun 2026,terdiri dari iPhone lipat serta perangkat hybrid antara iPad dan Mac yang layarnya juga bisa dilipat.

Bocoran tentang kedua perangkat itu sebenarnya sudah beredar di dunia maya. Namun,Jeff Pu memproyeksikan perangkat lipat Apple itu bakal rilis dua tahun lagi.

Lebih lanjut analis itu meramalkan bahwa iPad/Mac hybrid akan dirilis lebih dulu ketimbang iPhone lipat,sekitar kuartal II-2026. Kemudian iPhone lipat meluncur sekitar akhir tahun 2026.

Baca juga: 10 Smartphone Terlaris di Dunia 2024,Samsung dan iPhone Mendominasi

Jeff Pu tidak membagikan informasi lain selain kerangka waktu untuk perangkat lipat Apple tersebut. Meski demikian,bocoran soal produk Apple ini sudah bermunculan di internet.

Menurut outlet media Digitimes pada akhir Juli 2024 lalu,Apple kabarnya sudah menandatangani kontrak dengan pemasok untuk memasok panel layar iPhone lipat.

Ponsel itu konon akan mengusung desain lipat vertikal ala Samsung Galaxy Flip.

Adapun iPad/Mac hybrid menurut analis yang kerap membagikan bocoran produk Apple,Ming-Chi Kuo,akan memiliki layar sekitar 18,8 inci ketika dibentangkan.

Dia juga bilang Apple berupaya membuat layar perangkat tersebut nyaris tanpa efek lipatan,sehingga membutuhkan panel layar maupun engsel yang canggih. Oleh karena itu,biaya kedua komponen tersebut ditaksir sangat mahal.

Panelnya diperkirakan seharga 600-650 dollar AS per unit (sekitar Rp 9,5 juta- Rp 10,3 juta),sedangkan engselnya 200-250 dollar AS per unit (sekitar Rp 3,1 juta - Rp 3,9 juta),dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac,Senin (12/8/2024).

iPhone lipat pakai kode V68

Rumor soal jadwal rilis iPhone lipat pada tahun 2026 juga dibagikan oleh situs berita teknologi The Information.

Pada Februari 2024,The Information melaporkan Apple sedang dalam tahap awal mengembangkan dua purwarupa (prototype) iPhone lipat.

Namun,pada akhir Juli 2024 lalu,Apple kemungkinan sudah menentukan desain iPhone lipat tersebut,indikasinya karena perangkat itu sudah memiliki kode internal "V68".

Dengan begitu,ada kemungkinan iPhone lipat sudah melewati tahap konseptual dan sedang dalam tahap pengembangan bersama supplier.

Artinya,Apple kemungkinan meluncurkan iPhone lipat pertamanya pada 2026,karena smartphone umumnya digarap dalam siklus pengembangan dua tahun.

Penafian: Artikel ini direproduksi dari media lain. Tujuan pencetakan ulang adalah untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Ini tidak berarti bahwa situs web ini setuju dengan pandangannya dan bertanggung jawab atas keasliannya, dan tidak memikul tanggung jawab hukum apa pun. Semua sumber daya di situs ini dikumpulkan di Internet. Tujuan berbagi hanya untuk pembelajaran dan referensi semua orang. Jika ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual, silakan tinggalkan pesan kepada kami.
©hak cipta2009-2020 Jaringan Informasi Kehidupan Lokal      Hubungi kami   SiteMap