Konflik di Timteng Meruncing, Pakar: Tinggal "Tek", Perang Terjadi

JAKARTA,iDoPress - Situasi konflik di kawasan Timur Tengah saat ini dinilai sudah berada di titik nadir dan diperkirakan tinggal menunggu momentum sebagai pemicu terjadinya peperangan besar.

Menurut Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani,Hikmahanto Juwana,konflik antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza,Palestina,sangat mungkin meluas setelah serangan bom menewaskan mantan Kepala Biro Politik Ismail Haniyeh di Iran.

"Jadi ini masing-masing sudah tegang,sudah sampai pada titik di mana tinggal tek (menjetikkan jari),perang terjadi," kata Hikmahanto dikutip dari program Obrolan Newsroom di Kompas.com,Kamis (8/8/2024).

Menurut pakar hubungan internasional itu,sempat muncul prediksi Iran akan menyerang Israel pada Senin (5/8/2024) lalu. Namun,hal itu tidak terjadi.

Baca juga: Antisipasi Eskalasi Ketegangan di Lebanon,Kemenlu Susun Rencana Evakuasi WNI


Sedangkan Israel juga kemungkinan bisa melakukan serangan antisipasi sebelum mereka diserang Iran.

"Setelah serangan yang menewaskan Ismail Haniyeh,sekarang Iran jadi punya alasan untuk menyerang Israel. Sedangkan Israel juga kemungkinan melakukan serangan anticipatory (antisipasi) sebelum mereka diserang Iran misalnya," ucap Hikmahanto.

Meski begitu,Hikmahanto meyakini upaya-upaya perundingan dan dialog masih dilakukan.

Baca juga: Situasi Memanas,Kemenlu Minta WNI Tunda Kunjungan ke Lebanon,Iran,dan Israel

Akan tetapi,Hikmahanto juga memperkirakan sejumlah kelompok milisi seperti Hizbullah di Lebanon,Houthi di Yaman,serta Hamas yang dekat dengan Iran belum akan mengendurkan serangan ke Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Penafian: Artikel ini direproduksi dari media lain. Tujuan pencetakan ulang adalah untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Ini tidak berarti bahwa situs web ini setuju dengan pandangannya dan bertanggung jawab atas keasliannya, dan tidak memikul tanggung jawab hukum apa pun. Semua sumber daya di situs ini dikumpulkan di Internet. Tujuan berbagi hanya untuk pembelajaran dan referensi semua orang. Jika ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual, silakan tinggalkan pesan kepada kami.
©hak cipta2009-2020 Jaringan Informasi Kehidupan Lokal      Hubungi kami   SiteMap