Pilkada Jakarta Berpotensi Diikuti 1 Calon Saja, JK: Masih Ada Waktu, Tunggulah..

JAKARTA,iDoPress - Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) menilai,isu pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta 2024 hanya diikuti oleh calon tunggal merupakan sebuah dinamika politik.

Menurut JK,masih ada waktu hampir satu bulan untuk sampai masuk ke tahapan pendaftaran calon kepala daerah. Diketahui,pendaftaran calon kepala daerah dimulai pada 27-29 Agustus 2024.

“Ya kan masih ada waktu hampir satu bulan,ada dinamikanya,” kata JK saat ditemui di Puri Agung Convention Hall,Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta,Senin (5/8/2024).

JK enggan berandai-andai jika Pilkada Jakarta benar-benar terjadi dengan calon tunggal. Ia meminta masyarakat menunggu proses politik yang sangat dinamis.

Baca juga: Kemunculan KIM Plus Dianggap Siasat untuk Siapkan Ridwan Kamil Melawan Kotak Kosong pada Pilkada Jakarta

“Ya tunggu lah,” tutur Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu.

Sebelumnya,Pilkada Jakarta dengan satu poros oleh Kolisi Indonesia Maju (KIM) Plus dimunculkan oleh Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid.

Jazilul menyatakan,Pilkada Jakarta 2024 berpeluang hanya diikuti satu pasangan calon jika PKB memilih bergabung ke KIM Plus.

Jazilul mengatakan,kemungkinan partai-partai politik bergabung menjadi satu kubu hanya untuk mendukung satu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terbuka lebar.

Ia pun mengakui bahwa partainya tengah mempertimbangkan tawaran untuk bergabung ke KIM Plus.

Baca juga: Tak Masalah dengan KIM Plus di Jakarta,PDI-P Klaim Punya Calon Sendiri

Adapun KIM merupakan koalisi pendukung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. Mereka adalah Partai Gerindra,Partai Golkar,Partai Demokrat,Partai Amanat Nasional (PAN),Partai Bulan Bintang (PBB),Partai Gelora,Partai Garuda,Partai Rakyat Indonesia Adil Makmur (Prima),dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Saat ini Pilkada DKI Jakarta 2024 kemungkinan bakal diikuti dua nama beken,yaitu eks gubernur Jakarta Anies Baswedan dan eks gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Anies Baswedan sudah dideklarasikan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasdem. Sedangkan Ridwan Kamil diusung Partai Gerindra dan Partai Golkar.

Baca juga: Airlangga: Ridwan Kamil On The Way Jakarta

Sementara itu,Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan,pihaknya tak akan membiarkan munculnya calon tunggal yang melawan kotak kosong di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Ia mengatakan,PDI-P terus mengupayakan kerja sama dengan partai politik (parpol) lain untuk mengusung jagoannya.

Dia mengingatkan agar berbagai pihak terus menjaga iklim demokrasi di Indonesia. Salah satunya dengan tidak berupaya untuk menghadirkan calon tunggal di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Penafian: Artikel ini direproduksi dari media lain. Tujuan pencetakan ulang adalah untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Ini tidak berarti bahwa situs web ini setuju dengan pandangannya dan bertanggung jawab atas keasliannya, dan tidak memikul tanggung jawab hukum apa pun. Semua sumber daya di situs ini dikumpulkan di Internet. Tujuan berbagi hanya untuk pembelajaran dan referensi semua orang. Jika ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual, silakan tinggalkan pesan kepada kami.
©hak cipta2009-2020 Jaringan Informasi Kehidupan Lokal      Hubungi kami   SiteMap