Demokrat Sebut Akan Ada Parpol Merapat ke KIM pada Pilkada Jakarta, Jabar, dan Jateng

JAKARTA,iDoPress - Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengungkapkan,ada beberapa partai politik yang akan merapat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pilkada Jakarta,Jawa Barat (Jabar),dan Jawa Tengah (Jateng).

Kamhar menyebutkan,KIM di sejumlah daerah bakal menjadi KIM plus karena kedatangan beberapa partai politik yang berbeda arah politik pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 lalu.

"Beberapa partai yang berbeda dukungan dengan koalisi pilpres berpotensi merapat ke KIM juga ada. Namun kita tunggu saja karena proses komunikasi politiknya masih berlangsung dan calonnya pun belum diumumkan," ujar Kamhar kepada Kompas.com,Kamis (1/8/2024).

Kamhar mengatakan,dinamika dan konfigurasi koalisi yang terbentuk di Pilpres 2024 dengan Pilkada Serentak 2024 memang berbeda.

Baca juga: Dasco Ungkap Ada Partai Baru Gabung di Pilkada Jakarta,Jabar dan Jateng: KIM Plus

"Jatim,Sumut,Sulsel,Kaltim menjadi contoh daerah etalasi politik nasional yang mana KIM solid sepenuhnya,bahkan koalisi yang tergabung menjadi KIM 'Plus’," ujar Kamhar.

"Namun banyak pula daerah yang masing-masing partai yang tergabung di KIM mengajukan paslon yang berbeda seperti Sulteng,Sulut,Banten dan seterusnya. Wajar-wajar saja," kata dia.

Kamhar pun memastikan partai-partai yang tergabung di KIM berikhtiar dengan sungguh-sungguh agar bisa linear dengan koalisi Pilpres 2024 dan kandidat yang diusung menyukseskan program pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Kendati demikian,Kamhar menyatakan bahwa belum ada keputusan mengenai kandidat yang akan diusung oleh KIM pada Pilkada Jakarta 2024.

Baca juga: KIM Belum Putuskan Cagub Jakarta,Gerindra: Masih Ada Waktu

Namun,ia memprediksi bahwa Pilkada Jakarta 2024 hanya akan diikuti oleh dua poros.

"Mengingat tak ada satu pun partai yang bisa berlayar sendiri. Partai Demokrat pada posisi menunggu,siapa yang nanti akan diputuskan KIM," ujar Kamhar.

Sebelumnya,Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmadmenyebutkan bahwa KIM akan menjadi "KIM Plus" dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Ia mengatakan,kandidat yang diusung oleh KIM Plus akan disepakati oleh seluruh partai politik yang tergabung ke koalisi tersebut.

"Nanti pada waktunya pasti akan diputuskan secara bersama-sama satu suara oleh Koalisi Indonesia Maju Plus. Ada Koalisi Indonesia Maju Plus," ujar Dasco di iNews Tower,Jakarta,Rabu (31/7/2024).

Dasco mengatakan,kerjasama KIM Plus ini bakal terjadi pada Pilkada Jakarta,Jabar,dan Jateng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Penafian: Artikel ini direproduksi dari media lain. Tujuan pencetakan ulang adalah untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Ini tidak berarti bahwa situs web ini setuju dengan pandangannya dan bertanggung jawab atas keasliannya, dan tidak memikul tanggung jawab hukum apa pun. Semua sumber daya di situs ini dikumpulkan di Internet. Tujuan berbagi hanya untuk pembelajaran dan referensi semua orang. Jika ada pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual, silakan tinggalkan pesan kepada kami.
©hak cipta2009-2020 Jaringan Informasi Kehidupan Lokal      Hubungi kami   SiteMap